Alat Tangkap Ikan Tradisional Dayak Tanguk


Tanguk adalah alat tradisional ala masyarakat Dayak Maanyan untuk menangkap ikan dan udang yang digunakan saat air sungai atau danau surut. Tanguk sering dihubungkan dengan nikep, lalu apa sebenarnya perbedaan Tanguk dengan Nikep??

Tanguk adalah seperti yang dijelaskan diatas  adalah alat untuk menangkap ikan atau udang, sedangkan Nikep adalah cara orang Dayak Maanyan untuk menangkap ikan atau udang di sungai atau didanau yaitu dengan menarik Tanguk yang diletakkan didasar air berlawanan dengan arah aliran air dan menyaringnya sehingga ikan atau udang terperangkap didalamnya.


Tanguk biasanya terbuat dari rotan yang dianyam sedimikian rupa sehingga membentuk pola bulat memanjang dan cekungan supaya bisa menampung atau menyaring tangkapan ikan atau udang.

Ukaran Tanguk biasanya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, dari mulai yang ukuran kecil maupun yang super besar.

Selain untuk mencari ikan atau pun udang, Tanguk bisa juga untuk kebutuhan lain seperti untuk alat penyaring sampah, tempat penyaringan, dan tempat kurungan hewan peliharaan.



Alat tangkap ini pun memang didesain sesuai dengan karakteristik daerah Kalimantan pada umumnya yaitu daerah rawa gambut yang sulit untuk menggunakan alat tangkap ikan modern. 

Related Posts by Categories



Artikel Terkait


Andri Arai Atei Takam Katuluh Ni. Andri Naun Hang Yari Isa Lawit Uneng Ni, Mara Takam Ngantuh "Selamat Panalu" Ma Posting Selanjut Ni..!!

Post a Comment

Makasih

SILAKAN TINGGALKAN JEJAK ANDA DISINI DAN JANGAN LUPA KOMENTAR, KRITIK, SARAN, INFO, DAN LIKE FUNPAGES ATAU TUKERAN LINKNYA YO BROTHER, OK! | Please Leave Your Impressions Here | пожалуйста оставьте ваши впечатления здесь