Masakan Wadi

Berdasarkan hasil survei kecil-kecilan saya, ternyata banyak responden yang ingin pembahasan blog saya tentang sesuatu yang banyak berhubungan dengan kuliner dengan muatan lokalnya. Maka dari itu pembahasan pertama ditahun ini akan saya mulai dengan kulineran ala suku Dayak Maanyan, hehe....

Oke lanjut....

Tahukah anda kuliner apa yang paling sensasional dari Kalimantan Tengah???  Yang pasti bukan kuliner atau masakan yang sering anda temui di restoran ternama biasanya. Ya, kuliner atau masakan tersebut ialah suatu nama yang mungkin asing ditelinga anda. Tetapi bagi warga asli Kalimantan Tengah pasti mengenal masakan yang satu ini. Masakan tersebut ialah Wadi.


Wadi adalah sebuah penemuan, warisan, dan adat yang perlu dilestarikan. Kenapa demikian, ya karena Wadi adalah masakan turun termurun yang sudah melenggenda di tanah Kalimantan Tengah khususnya. 

Wadi begitu sensional karena rasanya yang begitu khas dan enak. Sehingga siapa pun yang pernah mencicipinya akan selalu menginginkan kembali untuk merasakannya kembali.

Wadi adalah masakan yang terbuat dari fermentasi suatu daging dengan dicampur dengan beras ketan yang disangrai dan didiamkan selama beberapa minggu. Sehingga memiliki rasa dan aroma yang khas. Daging yang biasa dipakai dalam fermentasi tersebut ialah daging Ikan atau Babi.





Wadi atau daging fermentasi yang siap dimasak adalah yang sudah berusia seminggu lebih sehingga memiliki rasa yang khas. Setelah siap, wadi tersebut bisa langsung dimasak dengan menambahkan garam, mecin, gula dan air secukupnya. Begitu simpel kan, tetapi yang paling penting dari proses memasakan Wadi sebenarnya adalah disaat fermentasinya.

Wadi biasanya dihidangkan dengan sayur-mayur yang direbus seperti terong, kacang panjang, dan yang paling khas dari Kalimantan adalah sayur Umbut atau Uwut. 

Anda tertarik untuk merasakan sensasi masakan Wadi ?? Ya, silakan saja mampir ke Kalimantan Tengah. 

    


Related Posts by Categories



Artikel Terkait


Andri Arai Atei Takam Katuluh Ni. Andri Naun Hang Yari Isa Lawit Uneng Ni, Mara Takam Ngantuh "Selamat Panalu" Ma Posting Selanjut Ni..!!

Post a Comment

Makasih

SILAKAN TINGGALKAN JEJAK ANDA DISINI DAN JANGAN LUPA KOMENTAR, KRITIK, SARAN, INFO, DAN LIKE FUNPAGES ATAU TUKERAN LINKNYA YO BROTHER, OK! | Please Leave Your Impressions Here | пожалуйста оставьте ваши впечатления здесь