Kecamatan Karusen Janang


Inilah sebagian isi dari Kecamatan Karusen Janang, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Wilayah ini mencakup 10 Desa yaitu:
 1.) Desa Dayu
2.) Desa Simpang Naneng
3.) Desa Simpang Waringin
4.) Desa Kandris
5.) Desa Puruwian
6.) Desa Pulau Bali
7.) Desa Wuran
8.) Desa Ipu-Mea
9.) Desa Trans-Lagan
10.) Desa Putut Tawuluh

Sebagian besar penduduk di Kecamatan  Karusen Janang adalah mayoritas beragama Kristen. Mata pencaharian utama pada daerah ini adalah petani karet. Pekerjaan ini dilakoni biasanya pada pagi hari, dan pada siang harinya para penduduk Kecamatan ini pergi keladang mereka. Pekerjaan ini mayoritas dilakoni oleh penduduk didaerah ini, karena hasil dari bertani karet atau lebih terkenal dengan nama "penyadap karet"
ini, cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari bahkan untuk menambah pundi-pundi tabungan. Harga karet per kilogram saat ini adalah berkisar antara 10 - 15 ribu. Namun, harga ini bukalah hal yang menyenangkan bagi para petani didaerah ini, pasalnya harga didaerah ini sering berubah-ubah. Contohnya saja, pada musim kemarau harga satu kilo gram karet didaerah ini berkisar antara 5 - 10 ribu sedangkan pada musim penghujan harganya justru melonjak menjadi 10 - 15 ribu. 

Berladang juga menjadi salah satu pekerjaan didaerah ini. Berladang menjadi salah satu kewajiban didaerah ini karena salah satu dari tradisi yang wajib dipertahankan. Misalnya saja, menurut kepercayaan penduduk daerah ini menanam dengan berbagai jenis  padi diladang adalah wajib karena bila tidak akan terjadi suatu bencana yang kelak akan menganggu peruntungan bagi yang mengabaikanya.


Daerah ini juga sebagai penghasil sumber daya alam tertentu seperti karet, batu bara, dan kelapa sawit. Kawasannya yang luas membuat daerah ini juga mampu menghasilkan sumber daya alam yang cukup melimpah. Walaupun sebagiaan dari hasil bumi itu hanya karetlah yang benar-benar menjadi komoditas yang paling banyak dihasilkan.


Penduduk didaerah ini adalah orang-orang yang ramah. Sehingga siapa pun yang datang berkunjung ketempat ini, akan merasa betah. Sungguh ada banyak tradisi, budaya dan pemandangan alam yang bisa dinikmati didaerah ini. Maka tidak salah bila anda mengalihkan perhatiaan anda kedaerah sini untuk berivestai atau pun untuk sekedar hanya ingin melihat dan mencicipi keiindahan dan keiistimewaan daerah ini.
-------^ So, Visit Kecamatan karusen Janang 2010^-------

Related Posts by Categories



Artikel Terkait


Andri Arai Atei Takam Katuluh Ni. Andri Naun Hang Yari Isa Lawit Uneng Ni, Mara Takam Ngantuh "Selamat Panalu" Ma Posting Selanjut Ni..!!

Posting Komentar

Makasih

SILAKAN TINGGALKAN JEJAK ANDA DISINI DAN JANGAN LUPA KOMENTAR, KRITIK, SARAN, INFO, DAN LIKE FUNPAGES ATAU TUKERAN LINKNYA YO BROTHER, OK! | Please Leave Your Impressions Here | пожалуйста оставьте ваши впечатления здесь