Madu Asli Barito Timur

Kalimantan Tengah adalah sebuah provinsi yang terdiri dari beberapa kabupaten didalamnya. Salah satunya ialah Kabupaten Barito Timur. Kabupaten ini memiliki beberapa kecamatan yang mendukungnya pula, yang masing memiliki karakteristik masing-masing. Dan beberapa kabupaten itu tentu memiliki kekayaan alam tersendiri, yang berbeda satu sama lain. Diantaranya di Kecamatan Karusen Janang, disini sungguh ada banyak kekayaan alam yang begitu melimpah. Namun dari beberapa kekayaan alam tersebut, tidaklah semua sudah dimanfaatkan dengan baik dan mensejahterakan masyarakat didaerah ini. Tetapi tidak sedikti pula beberapa kekayaan tersebut sudah dimanfaatkan.

Alam didaerah ini sungguh menyediakan cukup banyak sumber daya bagi masyarakatnya. Salah satu contohnya ialah madu alam, yang langsung dimanfaatkan dari dalam hutan. Dibulan-bulan tertentu produksi madu alam didaerah ini akan meningkat tergantung pada musim yang sedang berjalan. Saat musim bunga yaitu pada awal musim penghujan, maka akan dijumpai banyak sarang lebah hutan yang tentunya kebanyakan berada dipohon-pohon besar.

Namun hal ini tidak akan menghalangi niat beberapa orang untuk mengambil dan memamfaatkan hasil alam ini. Cara mengambil madu hutan ini, masih sangat sederhana yaitu hanya dengan dilengkapi pelepah buah kelapa kering yang telah digulung dan dibakar sampai mengeluarkan bara dan asap saja dan sebuah gayung serta taroh(sejenis golok) untuk mengambilnya. Pengambilan biasanya dilakukan pada malam hari, yaitu pada saat lebah sedang bobo dan terlelap. Sehingga resiko untuk terkena sengatannya menjadi lebih kecil, serta diredam juga dengan asap pelepah buah kelapa yang dibakar yang membuat lebah ogah untuk mendekat. Tetapi demikian resiko justru menjadi lebih tinggi karena dilakukan pada malam hari tanpa pencahyaan yang cukup. Sementara itu pohon tempat lebah tersebut bersarang, terkadang bukanlah pohon yang hanya setinggi jagung, melainkan pohon besar yang super tinggi.

Terlepas dari hal diatas, hasil yang didapat terkadang sangat memuaskan dengan berlimpah madu asli yang bila dihargai dengan rupiah, sangat menggiurkan. Hal ini menarik minat beberapa orang untuk  menjadikan mata pencahariannya baik sebagai pengambil langsung maupun hanya sebagai penjualnya saja.

 Penjualan madu asli diaderah ini terdapat di Desa Dayu, Kecamatan Karusen Janang. Pedagan menjajakan daganganya dalam botol maupun dalam tenk-tenk dalam ukuran tertentu. Disini para penjualannya menjajakkan dengan harga bervariasi juga tergantung kualitas dan pintarnyta si pembeli untuk bernego soal harga. Namun soal kualitas tidak usah diragukan lagi karena semua madu yang dijual ditempat ini adalah madu asli dengan kualitas yang sangat baik. Disini juga akan dijumpai pasar ikan yang ramai, menyatu dengan para pedagang madu.

Untuk mencoba aslinya madu daerah ini, maka tidak ada salahnya bila anda berkunjung kedaerah ini. Karena madu yang dijual sangat berkualitas dan buka setiap harinya. Disamping itu juga, dikecamatan ini juga banyak banyak keiindahan alam dan budaya yang bisa anda nikmati.
So, visit kecamatan Karusen Janang, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah sekarang !!

Related Posts by Categories



Artikel Terkait


Andri Arai Atei Takam Katuluh Ni. Andri Naun Hang Yari Isa Lawit Uneng Ni, Mara Takam Ngantuh "Selamat Panalu" Ma Posting Selanjut Ni..!!

Posting Komentar

Makasih

SILAKAN TINGGALKAN JEJAK ANDA DISINI DAN JANGAN LUPA KOMENTAR, KRITIK, SARAN, INFO, DAN LIKE FUNPAGES ATAU TUKERAN LINKNYA YO BROTHER, OK! | Please Leave Your Impressions Here | пожалуйста оставьте ваши впечатления здесь