Barito Timur Menjadi Jaya Selamanya


Kabupaten Barito Timur yang beribukota di Tamiang Layang terletak antara 1°2’ Lintang Utara dan 2°5’ Lintang Selatan, 114° dan 115° Bujur Timur. Diapit oleh Kabupaten tetangga yaitu di sebelah Utara dengan sebagian wilayah Kabupaten Barito Selatan, di sebelah Timur dengan sebagian Wilayah Propinsi Kalimantan Selatan, di Selatan dengan Kabupaten Barito Selatan dan Propinsi Kalimantan Selatan serta di sebelah Barat dengan Kabupaten Barito Selatan.

      Luas wilayah Kabupaten Barito Timur tercatat 3.834 km2 meliputi sepuluh kecamatan. Kecamatan Dusun Timur dan Kecamatan Paju Epat merupakan kecamatan terluas, masing-masing 867,70 km2 dan 664,30 km2 atau luas kedua kecamatan tersebut mencapai 40,15 % dari seluruh wilayah Barito Timur. Sebagian besar wilayah Kabupaten Barito Timur merupakan dataran rendah, ketinggiannya berkisar antara 50 s/d 100 meter dari permukaan air laut. Kecuali sebagian wilayah Kecamatan Awang dan Patangkep Tutui yang merupakan daerah perbukitan. 


Dengan tidak ada sungai besar dan banyak sungai kecil/anak sungai, keberadaannya menjadi salah satu ciri khas Kabupaten Barito Timur. Sebagai daerah yang beriklim tropis, wilayah Kabupaten Barito Timur rata-rata mendapat penyinaran matahari lebih dari 50% sepanjang tahun. Udaranya relatif panas yaitu siang hari mencapai 34,6°C dan malam hari 21,0°C, sedangkan rata-rata curah hujan pertahunnya relatif tinggi yaitu mencapai 228,9 mm.
Sumber : Barito Timur Dalam Angka 2009

Related Posts by Categories



Artikel Terkait


Andri Arai Atei Takam Katuluh Ni. Andri Naun Hang Yari Isa Lawit Uneng Ni, Mara Takam Ngantuh "Selamat Panalu" Ma Posting Selanjut Ni..!!

Posting Komentar

Makasih

SILAKAN TINGGALKAN JEJAK ANDA DISINI DAN JANGAN LUPA KOMENTAR, KRITIK, SARAN, INFO, DAN LIKE FUNPAGES ATAU TUKERAN LINKNYA YO BROTHER, OK! | Please Leave Your Impressions Here | пожалуйста оставьте ваши впечатления здесь