Desa Simpang Naneng


Sebagai salah satu desa di daerah kawasan kecamatan Karusen Janang, Barito Timur, Simpang Naneng adalah sebuah desa dengan berisi masyarakat yang menjunjung tinggi agama dan budayanya. Sebuah desa dengan masyarakat yang ramah didalamnya merupakan salah satu kesan pertama bila berkunjung ketempat ini.

 Sebagaian besar masyarakat didaerah ini bermata pencaharian sebagai penyadap karet dan petani. Penyadapan karet atau pergi kekebun dan ladang biasanya dilakukan pada pagi hari maupun sore hari. Hal ini menyebabkan desa menjadi sepi pada jam-jam sibuk saat pagi hari dan kembali ramai pada siang hari saat masyarakat daerah ini selesai dari kebunnya  masing-masing untuk beristrahat.


Masyarakat daerah ini sangat menjunjung tinggi agama, sebagian besar adalah beragama Kristen. Setiap hari Minggu masyarakat akan berhenti   bekerja dan menunaikan tugasnya sebagai seorang Kristen, pergi ke Gereja. Dan setiap hari yang telah ditentukan oleh penetua dan diakon masyarakat juga akan mengadakan kebaktian keluarga dirumah penduduk secara bergiliran, biasanya dilakukan minimal dua kali seminggu pada malam hari.

     Ditempat ini juga setiap masyarakat pasti mempunyai ladang atau dalam bahasa Dayak Maanyan Ume, proses pengerjaannya sama saja dengan prinsip sawah namun yang membedakanya ume adalah tanah yang sama sekali kering tanpa air. Dan tumbuhan padi yang ditanam juga sangat berbeda dan rasanya pun sangat berbeda.


Rasa nasi yang dihasilkan dari ladang masyarakat ini sangatlah enak, ada berbagai macam rasa dan penamaan untuk beras didaerah ini contohnya seperti beras Gilay, Dite, Longkong, dan yang lainya.

Related Posts by Categories



Artikel Terkait


Andri Arai Atei Takam Katuluh Ni. Andri Naun Hang Yari Isa Lawit Uneng Ni, Mara Takam Ngantuh "Selamat Panalu" Ma Posting Selanjut Ni..!!

Posting Komentar

Makasih

SILAKAN TINGGALKAN JEJAK ANDA DISINI DAN JANGAN LUPA KOMENTAR, KRITIK, SARAN, INFO, DAN LIKE FUNPAGES ATAU TUKERAN LINKNYA YO BROTHER, OK! | Please Leave Your Impressions Here | пожалуйста оставьте ваши впечатления здесь