Tanaman Pike


Tanaman Pike adalah sejenis sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Kalimantan khususnya Kalimantan Tengah. Pike adalah keluarga dari jenis paku-pakuan yang tumbuh subur di daerah bergambut dan pinggir-pinggir sungai. Yang unik dari tanaman ini adalah tanaman ini bisa dikonsumsi dan dijadikan sayur masakan yang khas dan memberikan pigmen atau warna khas dari warna daun Pike tersebut.  Selain memberikan warna pada masakan, rasa dari tanaman ini adalah khas dan sedap pastinya.

Konon di masyarakat Dayak, selain untuk dikonsumsi sebagai pelepas  rasa lapar tanaman ini baik dikonsumsi oleh wanita setelah melahirkan atau orang yang kekurangan darah karena bersifat sebagai suplemen penambah darah.

Sama halnya dengan daun singkong, tanaman Pike yang baik dikonsumsi adalah daun muda atau tunas mudanya dan di oseng dengan tambahan bawang putih dan bawang  merah, garam dan micin dijamin memberi  sensasi makan yang berbeda.


Bagi masyarakat Dayak Maanyan yang berkantong tipis, tanaman ini hadir sebagai solusi pelepas rasa lapar tanpa menguras kantong alias tersedia gratis dan melimpah di lingkungan. 

Related Posts by Categories



Artikel Terkait


Andri Arai Atei Takam Katuluh Ni. Andri Naun Hang Yari Isa Lawit Uneng Ni, Mara Takam Ngantuh "Selamat Panalu" Ma Posting Selanjut Ni..!!

Post a Comment

Makasih

SILAKAN TINGGALKAN JEJAK ANDA DISINI DAN JANGAN LUPA KOMENTAR, KRITIK, SARAN, INFO, DAN LIKE FUNPAGES ATAU TUKERAN LINKNYA YO BROTHER, OK! | Please Leave Your Impressions Here | пожалуйста оставьте ваши впечатления здесь