History Of Dayak Maanyan

                       
Masyarakat Dayak Maanyan adalah sebuah sub suku Dayak di Kalimantan yang sudah eksis sejak  ratusan tahun lalu bahkan diyakini sudah ada sejak 242 sebelum masehi  menurut penelitian  pada sisa peninggalan kerajaan Nansarunai berupa Candi didaerah Amuntai - Kalimantan Selatan. Apa hubungan suku Dayak Maanyan dengan kerajaan Nan Sarunai?? Ya ada, kerajaan Nansarunai adalah sebuah kerajaaan yang dibentuk oleh orang suku Dayak Maanyan. Pada saat itu suku Dayak Maanyan masih mendiami wilayah yang sekarang sudah menjadi bagian dari provinsi Kalimantan Selatan.

Mungkin suku Dayak Maanyan yang hidup di tahun 242 SM sudah mempunyai  struktur kebudayaan dan kerajaan yang bagus namun masih dalam taraf yang sederhana.

Menurut sejarah dan penelitian suku Dayak Maanyan adalah suku maritim yang berjaya dijamannya. Dan pada saat itu memang masih mendiami wilayah di pinggiran laut atau sungai yang dekat dengan laut. Bahkan menurut relief yang tercantum di candi Borobudur, suku Dayak Maanyan pernah berlayar mengarungi samudra menuju Madagaskar dengan menggunakan perahu Cadik. Wow super sekali....dan hal ini akan tidak akan dipercaya oleh anda bila melihat suku Dayak Maanyan yang sekarang ini yang hidup jauh dari suku bangsa maritim.

Diawal keruntuhanya kerajaan Nansarunai mulai mendapat intimidasi dari berbagai kerajaan yang ada disaat itu seperti kerajaan Sriwijaya(Pulau Sumatra) dan Majapahit(Pulau Jawa).  Dan pada akhirnya tahun 1355 masehi, kerajaan Nan Sarunai jatuh dan takluk kepada kerajaan Majapahit dibawah komando Empu Jatmika. Dengan jatuhnya kerajaan Nansarunai  ketangan pemerintahan Majapahit, maka kerajaan baru pun di bentuk untuk mengganti ke-eksisan kerajaan yang sebelumnya dengan nama kerajaan Negara Dipa.


Keruntuhan kerajaan Nansarunai membuat masyarkat Dayak Maanyan  tercerai-berai  dan meninggalkan daerah yang sebelumnya telah menjadi  tanah leluhurnya. Keruntuhan ini juga sekaligus mengubah beberapa budaya dan kebiasaan suku Dayak Maanyan, namun pada dasarnya budaya nenek moyangnya tidak ada yang berubah. Sehingga sampai sekarang sebagian masyarakatnya dan masyarakat pada umunya belum mengetahui sejarah dan background suku Dayak Maanyan yang sebenarnya berbeda 180 derajat dari kenyataan kehidupanya yang sekarang ini.

Wilayah yang dahulu menjadi wilayah kerajaan Nansarunai saat ini adalah wilayah Kalimantan Selatan yang didiami oleh suku banjar yang notabennya adalah suku yang diturunkan dari keturunan suku Dayak Maanyan dengan suku Melayu Palembang(Sriwijaya). Sementara itu setelah peristiwa “Usak Jawa” atau kehancuran kerajaan Nansarunai suku Dayak Maanyan, lari dan mendiami berbagai wilayah di Kalimantan Tengah seperti di wilayah Buntok, Telang, Patai, Ampah, Tampa, Dayu, Tamiang Layang, dan Balawa serta berbagai daerah lainya.



Dan apa yang membuat artikel tentang kerajaan Nansarunai ini menarik. Yah karena beberapa hal bila terbukti dalam penelitian akan merubah sejarah yang ada di Indonesia. Namun masalahnya, sampai saat ini penelitian itu nihil sekali hampir tidak ada yang peduli.



Related Posts by Categories



Artikel Terkait


Andri Arai Atei Takam Katuluh Ni. Andri Naun Hang Yari Isa Lawit Uneng Ni, Mara Takam Ngantuh "Selamat Panalu" Ma Posting Selanjut Ni..!!
  • Bagus sekali bahan bacaannya... Apalagi ada bukti/benda2 yg menyatakan tentang kerajaan nansarunai... Kerajaan Tanjung puri tidak berkaitan ya dengan Maanyan/kerajaan Nan sarunai. Terimakasih. By Twitter : @UlunUrangBanjar

    Reply
  • Nggak menarik sama sekali, saya lebih
    tertarik
    Dengan sejarah kerajaan tanjungpuri,
    Daha, Banjar
    Karna menurut saya sejarah-sejarah suku dayak itu
    Terlalu mengada-ada,

    Reply
  • https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/rasakan-10-mandaat-oatmeal-yang-cocok.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/jsngan-buang-kulit-telur-ini-manfaatnya.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/bubuk-kopi-trik-jitu-atasi-bau-tak-sedap.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/waspada-5-gangguan-tidur-dapat-memicu.html

    Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    Reply

Posting Komentar

Makasih

SILAKAN TINGGALKAN JEJAK ANDA DISINI DAN JANGAN LUPA KOMENTAR, KRITIK, SARAN, INFO, DAN LIKE FUNPAGES ATAU TUKERAN LINKNYA YO BROTHER, OK! | Please Leave Your Impressions Here | пожалуйста оставьте ваши впечатления здесь