Sistem Kontrol PHP


Script PHP dibangun oleh serangkaian pernyataan. Pernyataan tersebut bisa berupa pemberi nilai (assignment), pemanggil fungsi, perulangan (loop), pernyataan kondisi atau apapun, termasuk pernyataan kosong. Pernyataan-pernyataan tersebut diatur alur kerjanya dengan struktur kontrol. Macam-macam struktur kontrol yang ada pada PHP yaitu:
a.      Statement If
Statement if merupakan percabangan bersyarat yang berfungsi untuk melewatkan suatu proses. Jika syarat terpenuhi, akan dilakukan proses berikutnya. Proses bisa berupa satu instruksi atau beberapa instruksi dalam satu kelompok.  Berikut ini adalah sintaks penggunaannya:
1.            Fungsi If  Dalam Satu Instruksi
if (syarat) {
instruksi;   
}
?>
2.            Fungsi If  Dengan Sekumpulan Instruksi
if (syarat)
{
instruksi;   
instruksi;   
instruksi;   
}
?>
a.             Statement  If ... Else...
Struktur if...else memiliki 2 pilihan, yaitu bila kondisi pertama terpenuhi maka operasi 1 dilakukan. Tetapi bila tidak maka operasi 2 yang dilakukan. Berikut ini adalah sintaks penggunaannya:
  
if (syarat) {
   instruksi;         
   } else {
instruksi;
}
?>
b.            Statement If...Elseif...Else
Statement if...elseif...else merupakan pengembangan dari pernyataan if...else, namun memiliki percabangan lebih dari dua. If...elseif...else sesuai untuk pemecahan masalah yang membutuhkan banyak percabangan karena banyak alternatif yang akan diperoleh. Berikut ini adalah sintaks penggunaannya:
  
if (syarat)
{
instruksi;
instruksi;
} elseif (syarat)
         {
instruksi;
instruksi;                                                                                              
} else
{
instruksi;
instruksi;
}
?>
c.             Statement While
Perulangan while akan melakukan pengecekan syarat diawal blok perulangan. Selama syarat bernilai benar, perulangan akan berlanjut dan sebaliknya, jika syarat bernilai salah, perulangan akan dihentikan. Sintaks dasarnya adalah:
while (syarat)
   {
            instruksi;
   }
   atau
   while (syarat)
            instruksi;
            instruksi;
         endwhile;
d.            Statement Do...While
Fungsi do...while melakukan pengecekan syarat diakhir blok perulangan. Fungsi do...while akan terus dijalankan sampai persyaratan yang diminta terpenuhi. Sintaks  penulisannya adalah:
do {
instruksi;
}
while (syarat)


e.             Statement For
Fungsi ini kegunaannya sama dengan fungsi while maupun do...while. Perbedaannya, pada fungsi for loop perulangan yang dilakukan dapat ditentukan jumlah pengulangan dan kelipatan pengulangannya. Yang perlu dituliskan hanya nilai awal pengulangan dan nilai batas pengulangannya. Nilai variabel secara otomatis bertambah atau berkurang setiap proses pengulangan dilakukan. Sintaks penulisannya adalah:
for (nilai_awal; nilai_akhir; penambah atau pengurang)
{
instruksi ;
 }
f.             Statement Switch
Statement ini merupakan pernyataan yang digunakan untuk membandingkan variabel yang mempunyai beberapa nilai yang berbeda. Sintaks penulisannya adalah:
switch ($variable)
{
case nilai_variable_1:
               instruksi;
               instruksi;
break;
case nilai_variable_2:
               instruksi;
               instruksi;
break;
default:
               instruksi;
               instruksi;
}

Related Posts by Categories



Artikel Terkait


Andri Arai Atei Takam Katuluh Ni. Andri Naun Hang Yari Isa Lawit Uneng Ni, Mara Takam Ngantuh "Selamat Panalu" Ma Posting Selanjut Ni..!!

Posting Komentar

Makasih

SILAKAN TINGGALKAN JEJAK ANDA DISINI DAN JANGAN LUPA KOMENTAR, KRITIK, SARAN, INFO, DAN LIKE FUNPAGES ATAU TUKERAN LINKNYA YO BROTHER, OK! | Please Leave Your Impressions Here | пожалуйста оставьте ваши впечатления здесь