Sekilas Tentang MySQL


Menurut Nugroho (2004:29) menjelaskan bahwa “MySQL (My Strukture Query Languange)  atau yang biasa dibaca mai-se-kuel adalah sebuah program pembuat database yang bersifat  open source, artinya siapa saja boleh menggunakannya dan tidak di cekal”. Database digunakan untuk menyimpan data, demikian pula dengan MySQL, MySQL termasuk jenis Relational Database Management System (RDBMS) yaitu hubungan antar tabel yang berisi data-data pada suatu database. Database pada MySQL terdiri dari tabel-tabel. Setiap tabel mempunyai kolom, baris, serta record untuk menyimpan data. Tabel-tabel tersebut dilink oleh suatu relasi yang memungkinkan untuk mengkombinasikan data dari beberapa tabel ketika seseorang user menginginkan menampilkan informasi dari suatu database. Penggunaan MySQL biasanya dipadukan dengan menggunakan program aplikasi PHP, karena dengan menggunakan kedua program tersebut telah terbukti akan kehandalannya dalam menangani permintaan data.
Kelebihan lain dari MySQL adalah ia menggunakan bahasa query (permintaan) standar SQL (Structured Query Languange). SQL adalah suatu bahasa permintaan yang terstruktur yang telah distandarkan untuk semua program pengakses database seperti Oracle, Posgres SQL, SQL server dan lain-lain. Sebuah ekspresi SQL terdiri atas 3 klausa, yaitu select, from dan where.
Untuk menghubungkan dan menjalankan perintah-perintah MySQL dalam script PHP dibutuhkan fungsi-fungsi koneksi tersendiri, beberapa diantaranya:
1.            Mysql_connect()
Fungsi ini digunakan untuk membuka koneksi dengan database MySQL server. Dalam fungsi ini dibutuhkan tiga buah argumen yaitu hostname, username, dan database user password. Pendeklarasiannya dalam bentuk:
$connect = mysql_connect($hostname,$username,$password);
2.       Mysql_close()
Fungsi ini digunakan untuk menutup koneksi dengan MySQL. Pendeklarasiannya dalam bentuk:
mysql_close();
3.       Mysql_create_db()
Fungsi ini digunakan untuk membuat sebuah database baru pada server MySQL. Pendeklarasiannya dalam bentuk:
mysql_create_db($database);
4.            Mysql_select_db()
Fungsi ini digunakan untuk memilih sebuah database sebagai database aktif.
5.            Mysql_query()
Fungsi ini digunakan untuk mengirim perintah SQL ke server SQL untuk dideteksi.
6.            Mysql_fetch_array()
Fungsi ini akan menghasilkan data berupa array dalam bentuk angka dari isi tabel MySQL.
7.            Mysql_num_rows()
Fungsi ini digunakan untuk mengambil jumlah baris sebagai sebuah hasil.

Related Posts by Categories



Artikel Terkait


Andri Arai Atei Takam Katuluh Ni. Andri Naun Hang Yari Isa Lawit Uneng Ni, Mara Takam Ngantuh "Selamat Panalu" Ma Posting Selanjut Ni..!!

Posting Komentar

Makasih

SILAKAN TINGGALKAN JEJAK ANDA DISINI DAN JANGAN LUPA KOMENTAR, KRITIK, SARAN, INFO, DAN LIKE FUNPAGES ATAU TUKERAN LINKNYA YO BROTHER, OK! | Please Leave Your Impressions Here | пожалуйста оставьте ваши впечатления здесь